Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Sebagai Scaffolding pada ZPD

Berbagi :

 

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Aksi Nyata – Topik 5

Oleh : Nur Aini Putri

PPG Prajabatan Gel.2 Tahun 2023

Universitas Riau


Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Sebagai Scaffolding pada ZPD

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?


Sebelum memulai proses pembelajaran yang saya pikirkan tentang topik ini ialah tentang menerapkan ZPD dalam pembelajaran yang mana untuk menerapkannya perlu memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai agar dapat menunjang terlaksananya ZPD yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran di kelas kepada peserta didik.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?




Zona perkembangan proksimal (ZPD) sering didefinisikan sebagai rentang potensi belajar individu. Kemampuan potensial ini melebihi kemampuan aktual individu, ketika belajar difasilitasi oleh seseorang yang lebih ahli (Wertsch, 1991). Dengan bantuan dari pasangan yang berpengetahuan, seorang anak dapat tampil pada tingkat yang lebih tinggi daripada ketika bertindak tanpa bantuan. 

Pada setiap titik perkembangan, setiap anak memiliki banyak potensi yang belum teraktualisasikan untuk pencapaian lebih lanjut. Oleh karena itu, penting bagi guru dalam menuntun potensi yang dimiliki peserta didik agar mereka dapat mengembangkannya. 

Konsep umum ZPD itu sendiri ialah ZPD dibangun melalui interaksi seorang anak dengan pasangan yang berpengetahuan. Interaksi tersebut lebih luas tidak hanya sekedar interaksi antara guru dan peserta didik. Guru dapat mengatur dan memfasilitasi interaksi antar peserta didik di kelas seperti  interaksi belajar dengan teman sebaya dalam dua mode komplementer: diskusi seluruh kelas dan diskusi kelompok kecil.


Ruang Kolaborasi

 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi saya dan rekan saya saling bertukar pikiran dalam berdiskusi tentang penerapan ZPD, penggunaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan ZPD. Serta kesiapan kami dalam menerapakan ZPD. Salah satu hal yang mendukung kesiapan kami sebagai guru dalam menerapkan ZPD ialah dengan memahami perspektif sosio kultural yang ada pada peserta didik sebagai bahan pertimbangan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.


Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?


Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok adalah menuangkan pendapat dan mengintegrasikan pemiiran kami mengenai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Pada tahap ini kami memiliki persamaan pendapat bahwa untuk menerapkan ZPD dalam pembelajaran guru perlu memahami peserta didik salah satunya dengan memperhatikan perspektif sosio kulturalnya kemudian guru dapat mempertimbangkan perspektif tersebut dalam pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 



Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Hal yang saya pahami dari topik ini ialah untuk menerapkan ZPD dalam pembelajaran guru perlu memahami potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik yakni dengan memahami perspektif sosiokultural peserta didik. Selain itu, guru juga perlu menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam menerapkan scaffolding pada ZPD. Dengan memahami potensi peserta didik guru dapat melaksanakan ZPD serta scaffolding pada ZPD dengan tepat. Dalam melaksanakan ZPD guru juga perlu untuk memfasilitasi interaksi antara guru dengan peserta didik ataupun interaksi antar peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal yang saya peroleh dari pembahasan topik ini ialah saya menyadari bahwa penting bagi guru untuk menerapkan pembelajaran dengan menerapkan konsep ZPD. ZPD dapat membantu guru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dengan interaksi yang ada dalam proses pembelajaran. Tetapi tentunya dalam menerapkan konsep ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan pendekatan pembelajaran dan perspekif sosio kulural peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut ialah bagaimana agar guru dapat mengetahui bahwa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan telah tepat untuk diterapkan dalam konsep ZPD yang dilakukan dalam pembelajaran.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?


Koneksi materi topik ini dengan mata kuliah lain antara lain:

Filosofi Pendidikan Indonesia
Penerapan scaffolding pada ZPD memiliki hubungan dengan pandangan filosofi yakni dengan menerapkan scaffolding pada ZPD maka sama dengan upaya dalam menuntun peserta didik seseuai dengan kodrat alam dan tuntutan zamannya atau dalam arti lain peserta didik dibimbing/dibantu pada proses pembelajaran agar dapat menerima pembelajaran dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya
Penerapan scaffolding pada ZPD akan lebih efektif apabila pendekatan, strategi, metdoe, dan teknik pembelajaran disesuaikan terlebih dahulu dengan karakteristik dan tingkat kemampuan kognitif peserta didi. Oleh karena itu guru harus memahami peserta didik sebelum merancang dan melaksanakan pembelajaran agar proses pembelajaran yang hendak dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif dan berpihak pada peserta didik.

Prinsip Pengajaran dan Asesmen I
Dalam melaksanakan pembelajaran tidak cukup jika hanya merancang pembelajaran tanpa merancang asesmen. Oleh karena itu, guru harus merancang asesmen yang sejalan dengan rancangan pembelajaran agar asesmen yang digunakan dapat mengukur keberhasilan pembelajaran yang menerapkan scaffolding pada ZPD, sehingga nantinya guru dapat memperoleh informasi tentang perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik.

Pembelajaran Berdiferensiasi
Penerapan scaffolding pada ZPD penting untuk dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran karena hal tersebut adalah bentuk dari pemberian diferensiasi pada pembelajaran yang dilaksanakan baik berdasarkan tingkat kemampuan kognitif, minat, ataupun gaya belajar peserta didik. Dengan melakukan scaffolding pada ZPD maka peserta didik dapat terfasilitasi kebituhan belajarnya dengan baik.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran ini bermanfaat untuk membuat saya semakin siap untuk menghadapi dinamika yang dapat terjadi dalam proses pembelajaran. Dengan memahami perspektif sosiokulutral guru dapat  menerapkan ZPD untuk mengembankan potensi peserta didik, selain itu enting untuk memberikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Menurut saya skala kesiapan saya saat ini berada pada angka 7 karena saya telah mempelajari pembahasan yang ada pada topik ini yang mana dapat membantu saya dalam memberikan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan potensinya. Namun saya perlu jam terbang yang lebih banyak untuk lebih terampil dalam memberikan pembelajaran dengan konsep ZPD kepada peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut ialah saya harus lebih sering melibatkan ZPD dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan ketermampilan saya untuk menciptaka lingkungan belajar yang mendukung keberhasilan peserta didik.
Lebih baru
Lebih lama