Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Aksi Nyata – Topik 6
Oleh : Nur Aini Putri
PPG Prajabatan Gel.2 Tahun 2023
Universitas Riau
Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik
Mulai Dari Diri | Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? |
Hal yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ialah topik ini akan membahas seputar isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik serta cara untuk menangani isu-isu tersebut dengan efektif.
Eksplorasi Konsep | Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? |
Pada topik ini saya mendapatkan informasi bahwa isu-isu penyelengaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan merupakan hal yang penting untuk ditangani oleh guru dan setiap pihak yang ikut serta dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk memberikan pembelajaran yang tepat kepada peserta didik guru harus memahami keadaan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada di lingkungan peserta didik, karena perspektif ini memberikan pengaruh bagi kelangsungan pendidikan peserta didik. Selain itu, pemahaman terhadap perspektif-perspektif tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk guru dalam mengetahui potensi peserta didik yang nantinya dapat dimaksimalkan dengan menerapkan konsep ZPD dan scaffolding pada ZPD.
Ruang Kolaborasi | Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Pada bagian ruang kolaborasi saya dan rekan kelompok saya saling berdiskusi tentang pandangan kami terkait isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan polik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Kami juga berdiskusi tentang kesiapan mengajar yang kami miliki dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan polik.
Demonstrasi Kontekstual | Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Dari kegiatan demonstrasi kontekstual saya mendapatkan pengetahuan tentang perbedaan dan persamaan pandangan yang dimiliki oleh saya dan rekan kelompok saya terhadap isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan polik. Saya dan rekan anggota saya saling menuangkan pendapat bahwa penting bagi seorang guru untuk memahami isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan polik.
Elaborasi Pemahaman | Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Pemahaman saya tentang topik ini saya mendapat gambaran bahwa dalam menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di sekolah terkadang akan ada isu atau masalah yang ditemukan. Akar dari permasalahan tersebut tentu berasal dari lingkungan sekitar (sekolah, keluarga, masyarakat). Permasalahan yang timbul ini perlu dilihat dari berbagai macam sudut pandang agar dapat menemukan sebab isu itu timbul dan agar dapat mengetahui solusi yang tepat untuk dilakukan. Sudut pandang yang dimaksud ialah dari segi sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Apabila guru dapat memahami berbagai perspektif tersebut dan mengsinkronasikannya pada isu yang ada maka guru dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi isu yang sedang dihadapi, sehingga pada akhirnya guru dapat melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan lancar sebagaimana mestinya.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya pahami ialah bahwa dalam isu-isu yang timbul pada penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah pasti terdapat sangkut paut dengan keadaan sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang ada dilingkungan sekitar peserta didik. Oleh karena itu penanganan dari isu yang timbul juga perlu memperhatikan perspektif sosial. budaya, ekonomi, dan politik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut ialah mengenai bagaimana cara memastikan bahwa solusi yang diberikan untuk mengatasi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran sudah tepat dilaksanakan?
Koneksi Antar Materi | Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? |
Materi di topik ini memiliki koneksi dengan mata kuliah lainnya, antara lain :
Filosofi Pendidikan Indonesia
Pada mata kuliah filosofi pendidikan ditekankan pada pengintegrasian pancasila melalui profil pelajar pancasila dalam pendidikan. Implementasi profil pelajar pancasila dapat dijadikan sebagai upaya dalam menyikapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik hal ini agar dapat menyelesaikan tantangan yang timbul dan mewujudkan pendidikan yang memedekakan peserta didik.
Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya
Setiap peserta didik mempunyai keberagaman dan karakteristik yang berbeda-beda baik dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Untuk menangani isu-isu yang mungkin saja terjadi pada penyelenggaraan pendidikan atau pembelajaran terkait perspektif tersebut guru harus memahami keberagaman dan karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik untuk dapat memberikan penanganan yang tepat dan agar guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik.
Prinsip Pengajaran dan Asesmen I
Pada mata kuliah prinsip pengajaran dan asesmen guru harus merancang pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan peesrta didik yang beragam. Isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik tentu memperngaruhi kebutuhan belajar peserta didik, oleh karena itu guru harus mempertimbangkannya dalammerancang pembelajran dan asesmen agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Pembelajaran Berdiferensiasi
Untuk melaskanakn pembelajran berdifernsiasi guru harus memahami isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada pada peserta didik. Pemahaman yang diperoleh tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan keberagaman peserta didik.
Aksi Nyata | Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Pembelajaran ini bermanfaat untuk saya sebagai guru agar dapat mengatasi isu-isu yang timbul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan agar saya dapat semakin memahami kebutuhan peserta didik.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Menurut saya, tingkat kesiapan saya pada saat ini berada pada skala 7 karana saya telah mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dengan mempelajari pembahasan tersebut maka saya setidaknya telah mengetahui bahwa isu yang timbul dalam pendidikan dipengaruhi juga oleh kondisi sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang ada di sekitar.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Untuk dapat menerapkan pemahaman yang telah saya peroleh agar lebih optimal maka saya harus saling berkolaborasi dengan rekan guru lainnya untuk bersama-sama memecahkan isu yang ada dan bertukar pikiran terkait mencari solusi dalam menangani isu pendidikan dan pembelajaran yang terjadi.