Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran
Perspektif
Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Aksi
Nyata – Topik 3
Oleh
: Nur Aini Putri
PPG
Prajabatan Gel.2 Tahun 2023
Universitas
Riau
|
Apa yang Anda pikirkan tentang topik
ini sebelum memulai proses pembelajaran? |
Sebelum memulai pembelajaran, saya menonton video seorang pengajar bumi petani yang berlokasi di Lampung. Dari video tersebut saya menyaksikan tentang pembelajaran yang guru tersebut berikan kepada para peserta didik. Guru tersebut benar-benar memperhatikan perspektif sosiokultural para peserta didik sehingga pembelajaran yang beliau berikan dapat sesuai dengan karakterstik peserta didik dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari konsep
yang Anda pelajari dalam topik ini? |
Dari topik ini saya memahami bahwa aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa-anak membentuk dasar sosialisasi kognitif yang mana juga turut mempengaruhi performa anak di sekolah. Keadaan status sosial ekonomi (SES) juga turut memberikan pengaruh pada interaksi orang dewasa-anak atau secara garis besar dapat dikatakan bahwa nilai, keterampilan, dan kemampuan kognitif anak juga mendapat pengaruh dari keadaan SES dan bagaimana interaksi yang tercipta antara mereka dengan orang dewasa (orang tua/keluarga/masyarakat/guru). Untuk itu dalam memberikan pembelajaran guru perlu memperhatikan perspektif sosial,budaya, ekonomi, dan politik agar guru dapat memberikan perlakuan yang tepat kepada setiap siswa.
|
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut
bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Pada bagian ruang kolaborasi saya dan rekan-rekan saya bekerja sama dan bertukar pikiran mengenai pandangan mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan. Kami juga berdiskusi tentang kesiapan dalam mengajar dengan memperhatikan Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik hingga persamaan dan perbedaan pandangan tentang mengajar dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran pada peserta didik.
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda pelajari
dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa
tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok adalah menuangkan pikiran mengenai perspektif sosiokultural dalam pembelajaran, berkolaborasi dan mengintegrasikan pemikiran kami terhadap perspektif sosiokultural dalam pendidikan. Disini kami melatih kemampuan berpikir kritis dan wawasan kami juga bertambah mengenai topik ini karena proses bertukar pikiran yang dilakukan secara berkelompok.
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami
tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut? |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Hal yang telah saya
pahami dari topik ini ialah bahwasannya perspektif sosiokultural seperti
keadaan status sosial ekonomi (SES) dan interaksi antara orang dewasa – anak berpengaruh
pada kemamuan kognitif dan non kognitif anak. Oleh karena itu penting untu
memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam merancang
dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari
pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya
peroleh dari pembahasan topik ini adalah perkembangan kognitif siswa dan
performa siswa di kelas bisa saja terbentuk karena cerminan SES atau interaksi-interaksi yang
dilakukannya, oleh karena itu guru harus menjadi lebih peka terhadap
karakteristik perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki
oleh siswa.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya
ingin mempelajari tentang bagaimana agar guru dapat mengetahui stategi,
pendekatan, dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakterstik dan
perspektif sosiokultural peserta didik.
|
Apa yang Anda pelajari dari koneksi
antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain? |
Topik pembahasan ini memiliki kesinambungan dengan mata kuliah lain, sebagai berikut :
1. Filosofi Pendidikan Indonesia
: Pembahasan mata kuliah perspekstif sosiokultural
dengan filosofi pendidikan Indonesia memiliki hubungan dimana Ki Hadjar
Dewantara mengusung pembelajaran yang berpihak pada siswa yang sesuai dengan
kodrat alam dan zamannya. Dengan memberikan pembelajaran yang memperhatikan
perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik maka guru dapat merancang
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa dapat meraih
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2. Pembelajaran
Berdiferensiasi
: Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik maka guru dapat dijadikan
sebagai acuan untuk memetakan siswa berdasarkan karaktersitik dan latar
belakangnya. Hal ini pula yang menjadi acuan melaksanakan pembelajaran
berdiferensiasi di kelas. Dengan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi di
kelas maka kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda akan terpenuhi.
3. Pemahaman
tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya : Untuk memahami karakteristik peserta didik maka
guru dapat mengobservasinya berdasarkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik. Dengan pemahaman terhadap peserta didik guru dapat memberikan
pembelajaran yang tepat berikut dengan strategi dan pendekatannya hingga
akhirnya siswa dapat memperoleh kemampuan yang diharapkan.
4. Prinsip
Pengajaran dan Asesmen I : Dengan menghubungkan rencana pembelajaran yang
disesuaikan pada karakteristik siswa dan pembelajaran berdiferensiasi maka guru
dapat memberikan asesmen sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh setiap
siswa dan tentunya asesmen yang dirancang harus selaras dengan tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai dan dapat mengukur keberhasilan belajar siswa.
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk
kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda
saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih
lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? |
Menurut saya,
pembelajaran ini bermanfaat untuk menambah wawasan saya terkait pengaruh perspektif
sosiokultural peserta didik terhadap pendidikannya. Hal ini akan membantu saya
untuk menciptakan lingkungan belajar dan memberikan pengajaran, pendampingan,
dan bimbingan yang tepat bagi setiap siswa yang memiliki latar belakang dan
karakteristik yang berbeda-beda.
Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Menurut saya, kesiapan
saya saat ini berada pada angka 7 karena saya telah mempelajari tentang konsep
dasar dari perspektif sosiokultural dalam pendidikan. Selanjutnya untuk melatih
kesiapan ini saya harus menerapkan apa yang telah saya pelajari secara nyata.
Apa
yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Hal yang perlu saya
persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya lebih optimal ialah dengan
belajar lebih lanjut terkait perspektif sosiokultural dalam pendidikan,
berdiskusi dengan guru-guru yang lebih senior dan guru penggerak, serta
mengevaluasi dan merefleksi setiap tindakan yang telah saya lakukan sebagai
seorang guru.